Thursday, February 14, 2019

Hasta Karya


Hasta Karya ialah sebuah kegiatan yang menghasilkan suatu kreativitas yang mempunyai nilai fungsi, nilai seni, dan nilai jual, yang bahannya berasal dari sampah organik dan anorganik. Hasta Karya dapat dijadikan sebagia sebuah profesi karena memiliki keuntungan yang besar, karena bahan-bahan pembuatan Hasta Karya sangat murah dan dapat di temui di mana.


Hasta Karya memiliki banyak manfaat diantaranya membersihkan lingkungan dari sampah yang dapat di daur ulang, memperbanyak lapangan pekerjaan, dan mengurangi sampah yang ada di bumi. Dalam membuat Hasta Karya dibutuhkan kreativitas dan keterampilan yang tinggi karena membuat kerajinan Hasta Karya tidak mudah, bila tidak memiliki kreativitas dan keterampilan yang tinggi.


Contoh Hasta Karya dalam acara pramuka atau kerajinan tangan pelajaran seni budaya atau keterampilan itu banyak sekali. Biasanya guru atau pembina menugaskan untuk membuat hasta karya itu dari barang-barang bekas. Misalnya dari palastik aqua, bungkus rokok, koran bekas, dan banyak lagi yang lainnya. Jika ketika melakukan penjelajahan, seorang pembina pramuka memberikan tugas untuk membuat hasta karya dari daun kelapa, rumput, dan banyak lagi yang lainnya.    

Contoh pot dari boto plastik :



Bahan dan Peralatan yang Dibutuhkan

  • Botol plastik bekas
  • Pisau
  • Hiasan untuk mata
  • Pupuk/tanah untuk menanam
  • Tanaman

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Berbentuk Pot Bunga

  1. Siapkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan
  2. Setelah semua sudah terkumpul, langkah selanjutnya adalah memotong botol plasting dengan pisau.
  3. Ukurannya dikira-kira saja atau lihat pada gambar.
  4. Beri sedikit hiasan sesuai keinginan. Jika ingin sesuai contohnya, tempelkan saja tutup botolnya sebagai mulut dan tambahkan mata boneka, lalu tempel.
  5. Jangan lupa untuk melubangi bagian bawah botol agar air tidak mengendap di dalam botol.
  6. Masukkan botol pupuk dan tanah ke dalam botol.
  7. Masukkan bibit tanaman yang ingin di tanam.

0 comments:

Post a Comment