Tuesday, February 11, 2020

Cara Menyampaikan Kritik dan Saran



1. Pengertian

           Mengkritik adalah memberikan tanggapan disertai uraian atau pertimbangan (landasan, fakta dan
 data) baik buruk terhadap suatu hal. Kritik muncul karena seseorang tidak setuju atau kurang sependapat akan suatu hal.

2. Hal Yang Harus Diperhatikan

Agar kritikan tersampaikan dengan baik hendaknya memperhatikan hal - hal berikut ini:
  • Menyimak laporan (isu yang dibahas) dari awal hingga akhir
  • mencatat hal - hal yang dirasa kurang disetujui.
  • Menyampaikan kritik dengan bahasa yang baik. Contoh: Apa yang tadi disampaikan oleh saudara cukup bagus akan tetapi, saya rasa masih ada yang kurang karena........., Saya kurang sependapat karena .........
  • Memberikan argumen (berupa landasan, fakta, dan data) untuk memperkuat kritik yang disampaikan

3. Menghindari Perselisihan

Untuk menghindari perselisihan dalam menyampaikan kritik:
  • Perhatikan kondisi emosi orang lain. Setiap orang memiliki karakter emosional yang berbeda. Ada yang memiliki emosi tinggi, ada juga yang rendah. Untuk itu, harus adanya sifat saling menghargai agar kritik dibangun dengan selaras dan tidak terjadi kesalahpahaman
  • Pilihlah waktu dan situasi yang tepat . Carilah waktu yang tepat untuk menyampaikan kritik. Jangan pada waktu orang sudah emosi kita malah membuatnya semakin emosi. Jika kritik bersifat pribadi hindari memberikan kritik dimuka umum karena dapat mempermalukan seseorang didepan orang banyak.
 “Nasihatilah aku saat sunyi dan sendiri,  jangan nasihatiku di kala ramai dan banyak saksi. Sebab nasihat di tengah khalayak terasa hinaan yang membuat hatiku pedih dan koyak, maka maafkan jika aku berontak”
  • Tidak ada kesan menggurui. Sebaiknya kritik tidak mengandung unsur sok tau, sok pintar atau seolah - olah menggurui apalagi tanpa adanya landasan, fakta dan data. Kritik disampaikan dengan berdialog seperti biasanya, sehingga terkesan santai tapi tetap fokus dan serius.
  • Disampaikan dengan bahasa yang baik. Gunakan tutur bahasa yang baik dan tidak menyinggung. Bila mnggunakan kata yang tidak sopan orang yang dikritik akan merasa tersinggung sehingga tidak bisa menerima atau malah marah - marah dan terjadi salah paham. Sebaiknya bicaralah baik - baik, sehingga bisa mluluhkan hatinyadan dengan lapang dada menerima kritik.
  • Berikan alasan logis. Banyak orang menyampaikan kritik hanya menyalahkan, sehingga timbul perdebatan. Sebaiknya berikan alasan yang logis tentang kesalahan itu agar orang itu bisa mengerti dan menerima kritik dengan lapang dada.


Saran
Adalah pendapat yang di kemukakan untuk di pertimbangkan dengan harapan dapat memberikan perbaikan yang membangun dan positif.

Ciri-ciri Saran yaitu:
1. Berupa pendapat atau masukan yang di berikan pada seseorang atau kelompok yang selesai mengutarakan suatu materi atau pendapat.
2. Bersifat positif atau membangun atau memberikan sebuah jalan keluar demi kebaikan.

Cara Penyampaian Saran yaitu:
1. Di sampaikan dalam kalimat yang efektif dan logis
2. Penyampaian menggunakan bahasa baku
3. Sebelum memberikan sebuah saran, harus mengetahui dengan jelas permasalahan yang di bahas dalam diskusi
4. Saran harus bersifat objektif, bukan emosional

Contoh Saran:
“ Saudara Muhammad Asnan, percobaan yang anda lakukan bersama teman-teman sangat menarik. Namun, alangkah baiknya apabila objek penelitian tidak hanya satu objek, tetapi ada objek perbandingan sehingga penyebab keberhasilan dan ketidak berhasil percobaan tersebut lebih jelas.

0 comments:

Post a Comment